Rabu, 14 November 2012

perawatan kawat gigi

Perawatan Kawat gigi atau behel (bracket) mudah, sekarang selain berfungsi untuk merapikan gigi juga bisa bikin penampilan tambah funky. Tapi kalau tidak dirawat secara benar bisa bikin sariawan.
Ada tips jitu supaya gigi tetp cling dan sehat. Senyum pun jadi tambah indah.

Berikut cara merawat Kawat gigi atau behel (bracket) :

  • Hindari Makanan Keras. Supaya tidak banyak sisa makanan yang menempel di gigi dan jadi sumber bakteri serta plak, hindari makanan yang lengket seperti karamel. Hindari juga makanan yang keras karena bis merusak bracket.
  • Orthodontic Brush. Sikat gigi dengan sikat gigi khusus atau orthodontic brush, minimal dua kali sehari, sebelum atau sesudah sarapan dan sebelum tidur. Dianjurkan menyikat gigi lima menit setelah makan apa saja, termasuk cemilan.
  • Jangan Sembarangan. Jangan sembarangan menyikat gigi. Supaya semua sisa makanan terangkat, sikat diantara kawat dan gusi dengan kemiringan 45 derajat dari gusi. Pertama, sikat permukaan gigi atas, dua atau tiga gigi sekaligus dengan gerakan memutar. Lalu sikat bagian dalam dengan gerakan yang sama. Terua, bagian geraham sebelum pindah ke gigi bawah.
  • Dental Floss. Bersihkan sela-sela gigi setiap hari dengan benang gigi atau threading floss untuk ngilangin plak. Tempatkan benang di atas kawat buat gigi atas atau di bawah kawat buat gigi bawah, membentuk huruf C, gerakkan perlahan atas - bawah.
  • Tusuk Gigi. Siapkan selalu tusuk gigi buat membersihkan sisa makanan sewaktu-waktu.
  • Check Up. Sebulan sekali periksa ke dokter gigi. Selain mengecek kawat gigi, juga untuk membersihkan gigi dari flak.
  • Retainer. Buat yang memakai retainer atau kawat penahan yang bisa dilepas sendiri, hindari air panas dan mouthwash karena bisa merusak kawatnya. Langsung hubungi dokter kalau kawat terasa longgar atau patah.
Segala sesuatu yang berkaitan dengan organ penting di tubuh kita sebaiknya di jaga dan dirawat secara maksimal supaya tidak menimbulkan penyakit atau bahaya tubuh lainnya.
Sumber : http://azberita.blogspot.com/2012/02/cara-merawat-kawat-gigi-atau-behel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar